TENTANG USAHID Surakarta

Universitas Sahid (USAHID) Surakarta  didirikan atas saran dan ide Bapak Prof. Dr. H. Sukamdani S Gitosardjono yang memberikan arahan untuk memekarkan Akademi Pariwisata Sahid (AKPAR SAHID). Wujud dukungan dan restu dari Bapak Prof. Dr. H. Sukamdani S Gitosardjono sebagai Ketua Dewan Pendiri dan Pembina Yayasan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya adalah dengan diterbitkannya SK pendirian Universitas Sahid (USAHID) Surakarta  No : 044/KPP – YSJ/Kpts/VIII/2001 tertanggal 30 Agustus 2001.

Dalam perjalanan pengurusan ijin tersebut akhirnya mendapatkan ijin resmi berdirinya USAHID Surakarta  oleh Menteri Pendidikan No : 084/D/0/2002 tanggal 22 Agustus 2002 dan Program Studi yang diselenggarakan oleh USS sesuai dengan ijin tersebut semuanya program strata 1 yang meliputi : Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Bisnis, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknologi Pertanian, Teknologi Pengolahan Makanan dan Agrobisnis.

Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya yang peduli dan peka terhadap kehidupan masyarakat, menanggapi keluhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang berkualitas dirasakan belum mencukupi dari kebutuhan, ditambah dengan meningkatnya perkembangan infrastruktur, seperti sarana kesehatan berupa Rumah Sakit, Puskesmas, Rumah Bersalin, Poliklinik yang terus bertambah. Sejalan dengan kebijaksanaan pemerintah c/q Departemen Kesehatan, bahwa swasta sebagai mitra pemerintah, wajib ikut berperan serta dalam melakukan fungsi dan tanggungjawab sosial dalam upaya memenuhi kebutuhan pelayanan dan pemerataan kesehatan. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya melalui lembaga pendidikan USS membuka Program Studi Ilmu Keperawatan dengan tujuan  dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumberdaya manusia yang profesional dalam bidang keperawatan. Pada tanggal 28 September 2004, USAHID Surakarta  mendapat ijin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Keperawatan dari Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor : 3851/D/T/2004 .

Memasuki era globalisasi masa persaingan bebas yaitu membanjirnya sumber daya manusia dari luar negeri, hal tersebut perlu diantisipasi dan merupakan tantangan bagi USAHID Surakarta  untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas siap bekerja yang memiliki standar profesi keperawatan, sehingga pada tahun 2010 USAHID Surakarta  menyelenggarakan Program Studi Profesi Ners dan telah memiliki ijin operasional penyelenggaraan Program Studi Profesi NERS dari Menteri Pendidikan Nasional Nomor :75/D/O/2010 tanggal 9 Juni 2010 .

Demi menyesuaikan dengan peraturan pemerintah tentang yayasan, maka Ketua Umum Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya (YSJ) selaku badan penyelenggara USAHID Surakarta  mengajukan perbaikan/pembaharuan SK no 184/D/O/2002 tentang ijin pendirian USAHID Surakarta  terutama terkait perubahan nama badan penyelenggara USAHID Surakarta  . Usulan ini sudah disetujui oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan dikeluarkannya SK No 15/KPT/I/2017 tentang perubahan badan penyelenggara Universitas Sahid Surakarta di Kota Surakarta dari Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya Cabang Surakarta menjadi Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya.

Selain itu, pentingnya riset akan penemuan obat baru, pengembangan obat-obatan yang telah ada di pasaran dalam rangka memperbaiki kualitas produk masih sangat diperlukan industri farmasi. Demikian juga dengan permintaan akan obat tradisional maupun obat herbal di kalangan masyarakat, maka inovasi juga akan sangat diperlukan dalam rangka pengembangan obat-obatan tradisional. Hal ini mendorong USAHID Surakarta untuk menyelenggarakan Program Studi S1 Farmasi. Pada tanggal 19 Januari 2017, USS mendapat izin pembukaan Program Studi Farmasi program sarjana dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45/KPT/I/2017. Dengan dibukanya Program Studi Farmasi USAHID Surakarta maka outcome dari Program Studi Farmasi USAHID Surakarta akan dapat turut serta dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya di bidang obat-obatan. Sejalan dengan pengelolaan sumber daya manusia serta peningkatan Nation Competitiveness di Indonesia dan mampu bersaing dengan dunia Internasional. Selain itu, USS sudah memperoleh akreditasi Insituti Perguruan Tinggi (AIPT).

Saat ini USAHID Surakarta telah mempunyai 4 (empat) fakultas dengan 10 (sepuluh) program studi.

A. Fakultas Sains dan Teknologi, terdiri dari

1. Program Studi Informatika

2. Program Studi Teknik Industri

3. Program Studi Ilmu Keperawatan

4. Program Studi Profesi Ners

5. Program Studi Farmasi

B. Fakutlas Sosial, Humaniora, dan Seni

1. Program Studi Ilmu Komunikasi

2. Program Studi Administrasi Bisnis

3. Program Studi Desain Komunikasi Visual

4. Program Studi Desain Interior

5. Program Studi Psikologi